HARI RAYA ST. PETRUS DAN PAULUS PAROKI ST. YUSUP KOTABARU

Kotabaru, 29/6/2014. Komunitas Basis Gerejani St. Petrus dan St. Paulus Gereja Katolik St. Yusup Kotabaru Kalimantan Selatan di hari itu mengadakan Rekoleksi dan Misa syukur bersama sebagai ungkapan kegembiraan atas Hari Raya Santo pelindungnya. Hal ini diprakarsai oleh Ketua Koumitas St. Petrus dan St. Paulus yaitu Edi Sulistiawan dan Jhon Mikhael Sore More, yang telah lama direncanakan dan pada akhirnya dapat terwujud.
Kegembiraan Umat yang datang di Kolam milik Bp. Budi Utomo di Desa Gunung Ulin tepatnya di sekitar Waduk Gunung Ulin sangatlah beralasan, karena yang datang cukup banyak kurang lebih 60 orang. Baik mulai dari Balita sampai Orang tua.

Dalam Kegiatan tersebut diawali dengan Rekoleksi Singkat yang diberikan oleh RP. Silvasius Jehaman, CP. Dengan Tema Pokok Keteladanan St, Petrus dan Paulus. Patut bergembira umat Komunitas yang bernaung di bawah Santo Petrus dan Paulus, karena kedua tokoh ini adalah tokoh besar yang sangat berpengaruh dalam kekristenan dan juga dalam Gereja Katolik. Karena Santo Petrus adalah seorang yang Gigih membela Gereja dengan pedangnya, oleh sebab itu Petrus diberikan kunci kerajaan Allah, sedangkan Santo Paulus adalah tokoh Gereja awali yang dulunya mengejar seluruh pengikut Gereja untuk di bunuh, hanya dalam perjalanannya Paulus akhirnya bertobat dan menjadi pewarta ke seluruh penjuru Dunia.
Dalam perjalanan keKristenan banyaklah umat yang meninggal demi membela Yesus, di katekombe-katekombe selama berabad-abad mereka hidup dalam pengejaran dan dengan sembunyi-sembunyi mereka tetap teguh imannya. Walau tantangannya adalah maut dan bahkan harus menjadi Gladiator melawan singa yang lapar dan disoraki penonton yang bergembira karena orang kristen mati dicabik-cabik cakar kuat singa dan dirobek-robek oleh mulut singa.
Gereja sekarang mengalami juga sesuatu yang kurang lebih sama, namun apakah kita berapa membela iman kita? Banyak hal kita telah lakukan, seperti mengadakan Bakti Sosial, Memberikan sumbangan kebakaran, hal ini kita ingin membuka pintu kasih kepada sesama, menunjukkan hidup kekristennan kita. anyak hal dapat kita lakukan, kita harus berani terbuka dan mengenal sesama kita, janganlah kita mengurung diri supaya kita semakin dikenal ditengah umat yang lain.
Dalam sharingnya Ketua komunitas Paulus menyatakan kegembiraan dapat hidup komunitas yang peduli, ada kebersamaan. Walau banyak rintangan yang harus dihadapi, dan banyak figur yang didambakan untuk menjadi sesepuh yang menjadi suri teladan bagi sesama.
Ketua Komunitas Petrus awalnya sulit menerima yang menjadi tanggung jawab mengemban estafet kepemimpinan ini. Kenapa disebut Estapet karena sebagai ketua komunitas ini warisan dari Mertua,,,,humornya mungkin saya akan turunkan kepada Ellano sebagai penerus saya. Kemudian dalam menjalankannya ternyata banyak dukungan dan keterlibatan anggota dalam kegiatan-kegiatan demikian ungkap Edi.
Romo Sil mengakhiri Rekoleksinya dengan menyatakan semoga umat siap menghidupi Komunitasnya dengan perlindungan Santo Petrus dan Paulus, Berani membela Gereja dan Berani Mewartakan Kasih Yesus.
Perayaan Ekaristi sebagai ungkapan syukur dilaksanakan dengan khitmad dan lancar.
Setelah perayaan ekaristi dilanjutkan dengan perjamuan makan bersama dengan keterlibatan semua anggota komunitas dalam menyiapkan dalam penyajian dan waktu memasaknya. Masing-masing Ibu anggota komunitas diberikan tanggung jawab untuk menyiapkan dan memasak di rumahnya masing-masing dan dengan gembira memberikannya untuk dinikmati bersama.
Sebagai penutup, Ketua Komunitas menyatakan bahwa kita sudah ijin dengan pemilik villa ini untuk rekreasi menikmati indahnya alam Gunung dan juga diperbolehkan untuk melakukan Mancing Mania. Tersedia dikolam ini adalah ikan Nila, Patin dan Mas. Umat bisa memancingnya dan bila mendapatkannya bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh, namun yang masih kecil mohon untuk dikembalikan lagi.
Dari sekian banyak orang yang mencoba keberuntungannya yang bisa membawa ikan patin adalah Bpk. Richardo Barus, Bpk. Gregorius Agung Wardono, Bpk Edi Sulistiawan dan Penulis warta ini,,,he,,,he,,,,
Berkat Tuhan semoga melimpah bagi keluarga yang empunya Villa, dan anggota komunitas Petrus dan Paulus, Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: