Dekenat Timur Membina Pembina Minggu Gembira

Paroki St. Vinsensius A Paulo, 5-6 Juli 2014, Pemrakarsa kegiatan ini adalah para Pembina Minggu Gembira Dekenat Tinur dan mengundang masing-masing Paroki sebanyak 20 orang Pembina. Hal ini bertujuan untuk semakin menggerakkan Bina Iman Anak dibeberapa Paroki di wilayah Dekenat timur. Setelah berjalan beberapa waktu dalam masa persiapan, nyatanya dalam kegiatannya yang berjalan yang hadir sebanyak kurang lebih 50 orang, dikarenakan banyak hal.
Kegiatan ini sudah direkomendasikan oleh Romo Deken untuk dilaksanakan dengan mengundang Narasumber Bruder Antonius Mungsi, O.Carm. Kegiatan yang bertema : Menjadi Pembina Bina Iman Usia Dini yang kreatif, berkualitas dan Profesional, Wilayah Dekenat Timur bertujuan : Memberi bekal pengetahuan/ informasi, sharing pengalaman iman, meneguhkan semangat dan motivasi yang mantap kepada Para Pembina Sekolah Minggu Dekenat Timur, Pembina Sekolah Minggu mampu mendampingi anak sekolah minggu dengan gembira dan mewartakan Kasih Yesus kepada anak-anak. Dalam kesempatan ini merupakan pengalaman pertama Br. Mungsi datang di Bumi Antasari terlebih di Kota Tanah Bumbu. Pengalaman berbagi dan bermisi adalah sesuatu yang harus selalu dilakukan, itulah yang dilakukan oleh Bruder Mungsi selama 2 hari di Paroki St. Vincensius A Paulo Batulicin.
Materi yang disampaikan cukup menarik dan bermanfaat bagi semua peserta, beberapa materi tersebut adalah :BIUD Tanggung jawab Paroki bersama orang tua: dalam pengelolaan dan pendampingan Minggu Gembira bukan melulu tanggungjawab Pembina namun harus melibatkan Paroki dan terutama bekerjasama dengan orang tua sebab tanggung jawab bina iman adalah tanggungjawab pokok orang tua, Psikologi Anak: Mengenal secara dekat pribadi anak, karakter dan latar belakang kehidupan keluarganya, Langkah Pelaksanaan BIUD: Persiapan Bina Iman bukan dadakan namun harus disiapkan dengan baik jauh hari sebelumnya. Menyiapkan bahan, alat peraga dan juga membaca dengan tekun Kitab suci. Melaksanakannya dan jangan lupa mengevaluasi bersama , Metode-metode BIUD: Banyak metode dikenalkan dalam kehidupan terutama yang mampu mendekatkan kita kepada anak-anak misal: menyanyi, bercerita, drama, mencongklak, menjodohkan gambar dan lainnya, Kreatifitas dalam BIUD (membuat alat peraga): Ada Kolase, Montase, Mencipta lagu dan gerakannya, Praktek Pelaksanaan BIUD. Dari berbagai materi yang disampaikan, peserta sangat antusias dengan Kreatifitas dalam BIUD yaitu membuat alat peraga untuk pertemuan Bina Iman Anak. Dari hasil pelaksanaan membuat alat peraga yang cukup unik adalah dalam waktu singkat ada kelompok yang diberi tugas untuk membuat gerak dan lagu. Pengalaman mereka dalam mempersiapkan dan memperagakan ternyata cukup sulit menciptakan ide dan menuangkannya dalam peragaan.Terutama membuat kata-kata yang sesuai dengan bacaan. Namun hal ini dinilai baik oleh Bruder Mungsi karena dalam waktu singkat, kurang lebih 30 menit mampu membuatnya.

Pengalaman salah satu peserta dari Stasi Berlian Paroki St. Vincensius A Paulo, menyatakan hal ini merupakan pengalaman pertama ikut terlibat dalam Bina Iman. Cukup sulit mendampingi Anak-anak apalagi beliau merasa tidak bisa menyanyi, hal tersebut menjadi kendala karena harus bergembira dengan anak-anak. Sebaiknya melibatkan teman, atau siapa saja yang bisa menyanyi demikian tanggapan Br. Mungsi.
Diakhir pertemuan melihat kembali apa yang bisa ditindaklanjuti dari pengalaman 2 hari tersebut. Peserta mengungkapkan bergembira dapat bertemu dengan teman-teman, berbagi pengalaman pendampingan dan juga menimba materi yang bermanfaat dari Bruder. Yang amat ditekankan dalam jumpa Minggu Gembira adalah harus menyampaikan kabar gembira dari Yesus dengan kreatif dan profesional. Dengan hati gembira melayani anak-anak dalam kasih Tuhan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: