BERNUANSA EKOLOGIS

Kita biasanya mendengar seruan perutusan: “Pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku […].” (Mat 28:19). Hari ini kita mendengar perintah serupa, tetapi tak sama: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.”

“Makhluk” bukan hanya manusia, melainkan semua ciptaan. Injil atau keselamatan bersifat universal. Keselamatan adalah untuk the universe, bumi dan segenap isinya, serta alam semesta. Maka, pewartaan keselamatan harus juga sampai kepada tumbuhan, hewan, bumi, dan alam semesta.

Bagaimana melakukannya? Satu ungkapan anamnese yang kita pakai di dalam Perayaan Ekaristi adalah ini: “Yesus, Tuhan kami, dengan wafat Engkau menghancurkan kematian; dengan bangkit, Engkau memulihkan kehidupan […].” Mewartakan keselamatan kepada semua ciptaan berarti mengubah perilaku yang membawa kematian bagi semua makhluk ciptaan Allah -termasuk kita manusia- menjadi perilaku yang memulihkan kehidupan.

Kita bisa melakukan ini di dalam hidup harian, dengan cara-cara yang sederhana. Satu contohnya ialah menggunakan tas-tas kain yang dibawa dari rumah untuk berbelanja di pasar atau supermarket. Bagi masyarakat umum, ini adalah gerakan cinta lingkungan hidup semata. Bagi kita, orang-orang kristiani, ini adalah pewartaan iman; pemberitaan Injil kepada segala makhluk.

Yap Fu Lan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: