YESUS PEMBEBAS

Argumentasi dalam dialog antara Yesus dengan orang-orang Yahudi pada Yoh 6:44-51 ini, sangat mirip percakapan Yesus dengan perempuan Samaria di sumur Yakub (lih Yoh 4:1-42). Bila perempuan Samaria itu bertanya, apakah Yesus itu lebih besar daripada Yakub, maka orang Yahudi menanyakan apakah Yesus lebih besar dari Musa yang memberi manna.

Dua pertanyaan itu hanya dijawab singkat. “Akulah Air Hidup. Akulah Roti Hidup”. Itulah identitas Yesus yang sesungguhnya. Ia adalah sumber pembebasan dari kehausan maupun kelaparan rohani. Kehadiran-Nya melampaui segala peristiwa dalam sejarah (keselamatan) Israel. Kehadiran-Nya mengakhiri pengembaraan manusia dalam kegelapan, berlawanan dengan pandangan para rabbi Yahudi yang mengatakan, generasi yang menolak menghadapi tantangan menuju Tanah Terjanji, dikutuk tidak bisa masuk dalam kehidupan abadi.

Yesus adalah rahmat Allah yang menghapus segala stigma lama. Paulus bahkan mengatakan: “Hanya Kristus saja yang dapat menyingkapkan selubung yang menutupi hati manusia” (lih 2 Kor 3:14-15). Syaratnya hanya satu: berbalik kepada Tuhan. 

Henricus Witdarmono (www.hidupkatolik.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: