LAHIR KEMBALI

Mungkin kita pernah mendengar istilah born again Christian yang digunakan beberapa kelompok Kristen. Mereka menyebut diri demikian karena merasa mengalami sebuah pengalaman rohani yang membuat mereka ‘lahir kembali’. Maka, tak heran jika mereka menganggap diri lebih hebat dari orang Kristen yang lain.

Ungkapan born again (lahir kembali) ini berasal dari kata-kata Yesus. Sebenarnya kata Yunani yang dipakai, yaitu anōthen, mempunyai dua makna, yaitu: “lahir kembali” (born again) dan “lahir dari atas” (born from above). Keduanya tentu saja berkaitan erat: lahir kembali yang dimaksudkan Yesus adalah lahir dari atas.

Pada ayat berikutnya dengan jelas dikatakan bahwa yang dimaksud dengan lahir kembali atau dari atas adalah “lahir dari Roh” (ay. 8). Dalam konteks pembicaraan antara Yesus dan Nikodemus, maka ‘lahir kembali’ atau ‘lahir dari atas’ atau ‘lahir dari Roh’ tidak bisa tidak ditujukan kepada orang yang belum mengenal Kristus. Dengan kata lain, born againsebenarnya terwujud dalam Sakramen Baptis yang menjadikan seseorang memperoleh hidup baru.

Lalu
? Sebagai orang yang sudah lahir kembali, Roh sebenarnya menjadi prinsip yang mengarahkan hidup kita. Sudah demikiankah?

RD Indra Sanjaya

http://www.hidupkatolik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: