JELANG HARI PENYELAMATAN TUHAN

St. Yusup Kotabaru, 20 Maret 2013. Sejak Hari Minggu(17 Maret red*) Umat Katolik St. Yusup Kotabaru mengadakan berbagai persiapan menjelang hari raya Paskah tahun ini. Diantara agenda yang sedang dan akan dilaksanakan yaitu latihan para petugas liturgi : Lektor, Pemazmur, Putra-putri Altar, Koor, Dirigen, Organis, Para Rasul, Passio Minggu Palma dan juga Jumat Agung dll. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan pelayanan dalam Perayaan yang merupakan puncak Iman Kristen yaitu Kebangkitan Tuhan.

Dalam berbagai agenda itu ada beberapa petugas berhalangan hadir dikarenakan kesibukan tugas sebagai karyawan atau pegawai di beberapa instansi. Hal ini bukan terjadi hanya sekali, namun sangat diharapkan agar saat tugas nanti benar-benar dipersiapkan.

Semangat dalam melaksanakan Gladi Bersih tidak menjadi kendor dikarenakan di beberapa kesempatan Pastor hadir dan mendampingi langsung dalam latihan. Banyak hal di kritisi oleh Pastor diantaranya mengenai Koor. Lagu-lagu yang dinyanyikan sebaiknya mengacu kepada fungsi koor yang sesungguhnya. Karena dalam beberapa kejadian koor dominan mennyaikan lagu dan umat hanya sebagai penonton. Hal ini di sebabkan oleh pilihan lagu yang kurang dikenal oleh umat, sebaiknya pilihan lagu mengacu pada kebersamaan umat untuk ikut memuji dan memuliakan Tuhan. Hal lain tentang situasi liturgi yang sering terjadi jeda waktu yang panjang dari peristiwa satu dengan lainnya, ini dikarenakan kurang responnya petugas selanjutnya.

Merupakan kesempatan yang baik untuk saling memahami dalam persoalan hidup bersama dalam jemaat, untuk saling memiliki rasa kepedulian bahwa Gereja adalah kita semua. Perkembangan hidup Gereja, salah satunya dalam hal Liturgi juga dari kita yang harus menghidupkannnya.

Kesiapan perayaan Paskah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari seluruh nafas hidup Gereja sepanjang masa. Terpujilah Tuhan, Maha Kuasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: