SEJARAH SINGKAT PAUS TERPILIH

VATIKAN, suaramerdeka.com – Konklaf memilih Kardinal Argentina Jorge Mario Bergoglio menjadi Paus ke-266 menggantikan Paus Benediktus XVI. Dengan nama Paus Franciskus I.

Jorge Mario Bergoglio, SJ llahir 17 Desember 1936 adalah kardinal Argentina Gereja Katolik Roma. Dia telah menjabat sebagai Uskup Agung Buenos Aires sejak 1998. Dia diangkat menjadi Kardinal pada 2001. Konklaf di Kapel Sistina, Rabu (13/3) memilihnya menjai Paus ke-266.

Bergoglio memilih Francis untuk nama baru Paus. Dia adalah Paus pertama yang berasal dari kawasan Amerika Selatan.

Paus Jorge Mario Bergoglio menjadi Ordo Jesuit pertama yang menjadi Paus.

Paus asal Argentina ini, semasa menjadi Kardinal Argentina dikenal sebagai penentang aborsi, hukuman suntik mati, pernikahan sesama jenis.

Awal kehidupan Jorge Bergoglio lahir di Italia, salah satu dari lima anak dari pekerja kereta api. Setelah belajar di seminari di Villa Devoto, ia masuk Serikat Yesus pada tanggal 11 Maret 1958. Bergoglio diperoleh pemegang diploma dalam filsafat dari Colegio Máximo San José di San Miguel, dan kemudian diajarkan sastra dan psikologi di Colegio de la Inmaculada di Santa Fe, dan Colegio del Salvador di Buenos Aires.

Dia ditahbiskan menjadi imam pada tanggal 13 Desember 1969, oleh Uskup Agung Ramón José Castellano. Dia menghadiri Fakultas Filsafat dan Teologi San Miguel, sebuah seminari di San Miguel. Bergoglio mencapai posisi master pemula di sana dan menjadi profesor teologi. Terkesan dengan kemampuan kepemimpinannya, Society of Jesus dipromosikan Bergoglio dan ia menjabat sebagai provinsi untuk Argentina 1973-1979.

Dia dipindahkan pada tahun 1980 untuk menjadi rektor seminari di San Miguel di mana ia pernah belajar. Ia menjabat dalam kapasitas itu sampai tahun 1986. Dia menyelesaikan disertasi doktornya di Jerman dan kembali ke tanah airnya untuk melayani sebagai direktur pengakuan dan spiritual di Córdoba.

( Rifki / CN34 / JBSM )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: