KOMPENDIUM AJARAN SOSIAL GEREJA Artikel 273

 

Kerja manusia juga memiliki sebuah matra sosial ( dimensi sosilal) yang intrinsik. Kerja seseorang malah secara alamiah berkaitan dengan kerja orang-orang lain. Dewasa ini “lebih dari kapan pun, bekerja berarti bekerja dengan sesama dan bekerja untuk sesama. Bekerja berarti berbuat sesuatu untuk seseorang”. Buah-buah kerja memberi kesempatan bagi pertukaran, relasi dan perjumpaan. Kerja karenanya tidak dapat dinilai secara tepat bila hakikat sosialnya tidak diindahkan: “Sebab usaha produktif manusia tidak akan membuahkan hasil kecuali bila ada sebuah lembaga yang sungguh-sungguh sosial dan organis, kecuali bila ada sebuah tatanan sosial dan hukum yang mengawasi pelaksanaan kerja, kecuali bila pelbagai bentuk kerja yang saling bergantung rela berpadu dan saling melengkapi, dan yang masih lebih penting lagi, kecuali bila akal budi, unsur-unsur materiil dan kerja berpadu dan seakan-akan membentuk hanya satu keseluruhan yang tunggal. Oleh karena itu, bila corak sosial dan personal kerja diabaikan maka akan mustahil menilai kerja secara adil dan membayarnya menurut keadilan.”

 Garis besar simpul-simpul dan peneguhan yang dapat dikembangkan lebih lanjut dalam kebersamaan, misalnya sbb.:

  • Secara alamiah, kerja seseorang selalu berkaitan dengan kerja orang-orang lain.
  • Usaha produktif manusia melalui kerja dapat dikatakan berhasil apabila ada beberapa hal yang mendukungnya, misal:
  1. Adanya tatanan sosial.
  2. Adanya ketergantungan dan saling melengkapi antara manusia satu dengan yang lainnya.
  3. Selalu tidak ditinggalkan tentang akal budi manusia yang dapat digunakan untuk bekerjasama dengan orang lain (corak sosial).
  • Kita sebagai orang beriman, tidaklah tepat apabila melakukan kerja demi kepentingan diri-sendiri. Kita perlu memikirkan kehidupan orang lain. oleh karenanya harkat dan martabat orang lain pun perlu diindahkan melalui kerja kita.
  • Mengindahkan kehidupan sesama berarti turut membantu untuk mewujudkan kesejahteraan bersama. Dengan kata lain kita turut menjadi berkat bagi sesama kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: